Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Berapa Gaji Blogger Pemula? Cari Tahu Di Sini!

Kalau ditanya berapa gaji blogger pemula, maka jawabannya sangat variatif. Karena memang tidak bisa disamakan. Ada berbagai hal yang bisa menjadi penyebabnya, nanti akan kita bahas lebih lanjut di artikel ini, ya.

Namun salah satu hal yang cukup menarik adalah ada seseorang yang menanyakan berapa gajiku sebagai blogger, ketika beliau tahu aku hiatus dari dunia blogging sekitar setahun terakhir. Aku memilih untuk tidak menjawab karena akan cukup panjang penjelasannya, sedangkan kondisiku saat itu tidak memungkinkan untuk melakukan konversasi yang panjang dan lebar.



Nah, setelah kondisiku cukup memungkinkan untuk melakukan banyak konversasi panjang, pada artikel ini, akan coba aku jawab berdasarkan pengalaman. Teman-teman bisa simak ulasannya, ya.
 

Penyebab Perbedaan Pendapatan Blogger Indonesia

Seperti yang aku sampaikan sebelumnya, jika gaji blogger pemula itu sangat variatif. Ada berbagai hal yang bisa menjadi penyebabnya.

Sedangkan berdasarkan pengalamanku pribadi, di bawah inilah jawaban berapa penghasilan blogger pemula.

Klien

Salah satu hal yang cukup berdampak pada berapa penghasilan rata-rata seorang blogger adalah siapa klien yang sedang bekerja sama dengan kita. Karena sebagai seorang blogger, klien memegang peran penting dalam penetapan fee. Meskipun tidak menutup kemungkinan, akan ada negosiasi antara blogger dengan klien.

Setiap klien, umumnya memiliki atau menawarkan gaji yang berbeda untuk blogger. Dari perjalananku selama ini, untuk klien dari perusahaan besar, biasanya memberikan bayaran yang cukup besar. Bahkan, jika kita sedang beruntung dan mendapatkan klien dari luar negeri, gajinya bisa beberapa kali lipat dari klien lokal.
 
riset keyword gratis

 

Jenis Pekerjaan

Hal yang kemudian menyebabkan perbedaan harga atau bayaran blogger adalah jenis pekerjaan yang dia lakukan. Jenis pekerjaan yang umumnya didapatkan blogger ialah menulis , banner placement dan content placement.

Sedangkan bayaran blogger jika menulis sendiri, biasanya lebih besar dibandingkan jika hanya melakukan content placement. Sedangkan untuk bayaran untuk content placement biasanya lebih terjangkau karena artikel untuk blogger sudah disiapkan oleh klien.

Hal yang sama juga berlaku untuk pemasangan banner. Harga yang ditawarkan biasanya tergantung pada lamanya waktu pemasangan. Namun, kebanyakan pekerjaan semacam ini memberikan bayaran bulanan untuk masing-masing blogger.

Rate Card Blogger

Rate card adalah tarif atau bayaran yang dijadikan patokan. Nah, untuk blogger pemula, biasanya masih belum memiliki rate card. Salah satu alasannya adalah karena masih dalam masa penjajakan, istilahnya. Masih meraba-raba, masih menambah pengalaman pekerjaan dan sebagainya.

Namun, untuk menjadi bahan referensi, meskipun teman-teman adalah blogger pemula, tidak ada salahnya untuk membuat rate card. Mengapa? Sebab, hal ini akan berbanding lurus dengan effort yang kita berikan. Effort ini, bisa berupa tenaga yang dihabiskan, waktu yang dipakai untuk riset data, membuat infografis hingga mendongkrak trafik untuk artikel tersebut.

Oleh karena itu, jika teman-teman merasa bayaran yang ditawarkan tidak sesuai dengan job description, tidak ada salah jika menolak pekerjaan tersebut. Namun, jika merasa baik-baik saja, ya silakan diterima. Kembali lagi, hal ini tentu sangat subyektif.

menulis blog dibayar

Cara Mendapatkan Penghasilan dari Blog

Sebelum mengetahui berapa gaji blogger pemula, sebaiknya teman-teman juga mengetahui dari mana saja sumber penghasilan blogger Indonesia. Apalagi jika ingin

Nah, untuk teman-teman blogger yang baru memulai perjalanannya di dunia blogging dan ingin menjadikannya sebagai ladang pekerjaan, ada beberapa cara yang bisa dijadikan sebagai jembatan untuk mendapatkan pekerjaan.

Relasi

Memiliki relasi atau lingkaran pertemanan sesama blogger, menurutku cukup penting, ya. Apalagi ketika awal baru membangun blog. Relasi tidak hanya membantu kita ketika ada masalah pada blog, tetapi dari mereka pula kemungkinan pekerjaan itu datang.

Ayo teman-teman sesama muslim, kita ingat lagi, bahwa menyambung silaturhami salah satu manfaatnya adalah sebagai pintu rejeki, kan? Jadi, mari berprasangka baik saja pada Tuhan :D

Selain itu, teman-teman blogger biasanya akan membantu membagikan informasi tentang pekerjaan atau campaign blogger. Nah, untuk memudahkan menambah jaringan pertemanan, cobalah untuk bergabung dengan berbagai komunitas blogger.

Sebagai referensi beberapa komunitas blogger yang aku ikuti, teman-teman bisa melihatnya di sidebar homepage blog ini, ya.

Monetasi Blog

Monetasi blog juga bisa diibaratkan dengan “menguangkan blog”. Beberapa hal yang bisa teman-teman lakukan ialah dengan bergabung dengan marketplace khusus blogger, misalnya Rajabacklink, Sosiago, Seedbacklink hingga Fastwork.

Namun untuk marketplace sendiri memiliki standar yang berbeda agar blogger mendapatkan pekerjaan. Bahkan, tak sedikit blogger yang “ternak blog” dan mendaftarkan semuanya ke marketplace dengan tujuan semakin besar peluang mendapatkan banyak pekerjaan.

Kesehatan Blog

Ada berbagai faktor yang menjadi indikator kesehatan blog, salah satunya bisa dilihat dari performa SEO nya. Menariknya juga, tak sedikit klien yang menjadikan kesehatan blog menjadi salah satu syarat kerjasama. Jadi, alangkah baiknya teman-teman juga meluangkan waktu untuk mengecek kondisi blog secara berkala, mulai dari trafik hingga Domain Authority (DA).
 
pendapatan blogger indonesia

Berapa Gaji Blogger Pemula? Ini Jawabannya!

Dari pemaparan singkat di atas, maka besaran penghasilan blogger Indonesia memang sangat bervariasi. Namun untuk blogger pemula (dari pengalaman), gaji yang bisa didapatkan mulai dari 150 ribu rupiah sampai 1,5 juta rupiah, dengan jobdesk menulis mandiri artikel yang dibutuhkan sesuai dengan brief dari klien.

Sedangkan jika teman-teman mendapatkan pekerjaan berupa content placement, bayaran yang diberikan biasanya sekitar 100 ribu untuk satu artikel. Namun, jika pekerjaan content placement itu dari marketplace, ada kemungkinan bayarannya lebih kecil, ada yang mulai dari 75 ribu per artikel.

Nah, untuk pekerjaan banner placement sendiri, cukup bervariasi. Biasanya pihak klien cukup terbuka memberikan kesempatan negosiasi harga. Untuk pekerjaan semacam ini sendiri aku belum pernah ambil, ya. Namun dari cerita seorang teman, bayaran yang diberikan untuk pasang banner di blog kita selama sebulan, biasanya mulai dari 300 ribu rupiah.

Referensi gaji yang aku sampaikan di atas adalah untuk pendapatan satu kali pekerjaan saja. Untuk kalkulasi per bulannya tentu tidak bisa dipastikan jumlahnya. Namun karena kita adalah blogger pemula, gaji yang bisa didapatkan sebulan mungkin berkisar 100 ribu rupiah sampai 500 ribu rupiah. Sebagai seorang blogger, termasuk pemula, gaji bulanannya tidak bisa dipastikan. Namun tidak perlu khawatir, karena seiring bertumbuhnya blog dan kualitas konten, maka gaji yang didapatkan juga bisa mengalami peningkatan.

cara riset keyword


Setahun ini, aku pribadi banyak mengurangi banyak pekerjaan sebagai blogger dan hanya mengambil pekerjaan sebagai content writer saja. Namun, untuk klien lama dengan brief pekerjaan tidak berat, biasanya akan tetap diambil. Nah, kali ini, barulah aku mulai pelan-pelan untuk mengambil pekerjaan sedikit lebih banyak.

Menurutku, sudah saatnya untuk mengakhiri tulisan ini, ya. Ada sedikit yang ingin aku sampaikan, khususnya bagi teman-teman blogger pemula. Ketika kita sudah menasbihkan diri sebagai seorang blogger, mulailah membangun blog perlahan-lahan tetapi konsisten. Sebab nanti, dengan sendirinya klien akan menemukan kita dan begitu juga sebaliknya, blogger akan menemukan kliennya. Sebab, konsep rejeki dari Tuhan adalah dijemput dengan melakukan ikhtiar.

Jika ingin mendapatkan ikan, maka lebarkan jala yang dilemparkan ke air - Nimas

Jadi, informasi tentang berapa gaji blogger pemula ini, bisa dijadikan sebagai semangat menekuni kegiatan blogging. Sebab, jika orientasi kita adalah menjadikan blog sebagai ladang mencari rejeki, maka teruslah tumbuh dan jaga profesional pada siapapun klien kita nantinya. Semangat ngeblog, ya, insya Allah rejeki akan datang dengan sendirinya sesuai porsi yang Allah berikan.
Nimas Achsani
Nimas Achsani Parenting, pernikahan, finansial dan gaya hidup

Post a Comment for "Berapa Gaji Blogger Pemula? Cari Tahu Di Sini!"